Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mana Yang Harus dipilih Oleh Pemula, Gitar Akustik atau Gitar Elektrik?

Jadi Anda telah memilih untuk mengambil gitar. Bagus untukmu! Sekarang sampai pada bagian yang sulit: gitar mana yang terbaik untuk mulai dimainkan? Nah, jawaban atas pertanyaan itu tergantung pada banyak hal. Itu tergantung pada jenis musik apa yang Anda suka dengarkan, jenis musik apa yang ingin Anda mainkan, dan tingkat apa yang ingin Anda capai – amatir atau profesional.

Sebelum kita membahas masing-masing topik, pertama-tama mari kita bahas perbedaan antara gitar Elektrik dan Akustik.

Perbedaan utama antara gitar Elektrik dan Akustik adalah fakta bahwa gitar Elektrik harus dicolokkan ke amplifier agar terdengar keras, sedangkan Gitar Akustik dapat dimainkan dan didengarkan tanpa menggunakan amp. Ini karena gitar akustik memiliki lubang suara yang menghasilkan suara. Gitar listrik, di sisi lain, tidak memiliki lubang suara dan dengan demikian dikenal sebagai Hollow-body. Hollow-body listrik dapat didengar oleh orang yang memainkannya, tetapi tidak terdengar oleh orang lain tanpa menggunakan amp. Selain itu, ada gitar elektrik yang dapat dimainkan secara akustik dan elektrik karena memiliki lubang suara yang kecil. Ini dikenal sebagai badan semi-berongga dan sangat serbaguna karena mereka dapat terdengar satu cara dicabut dan cara lain pada amp. Akhirnya, ada beberapa gitar Akustik, dikenal sebagai Acoustic-Electric's, yang dapat dimainkan secara akustik atau dengan ampli. Namun, ini sangat berbeda dari bodi semi-hollow, karena suaranya hampir sama saat dicabut atau dicolokkan–satu-satunya perbedaan adalah Acoustic-Electric saat dicolokkan ke amp.

Oke, sekarang kita telah membahas secara singkat berbagai jenis gitar Akustik dan Elektrik, sekarang kita dapat beralih ke kriteria untuk memilih gitar.

Musik yang Anda Nikmati Membantu Anda Memutuskan Gitar Apa yang Akan Dibeli: Mari kita mulai dengan topik pertama. Jelas, mereka yang senang mendengarkan jenis musik tertentu kemungkinan besar ingin memainkannya dengan gitar. Itulah mengapa Anda harus mempertimbangkan hal ini saat mencari gitar. Memilih jenis gitar yang salah dapat menyebabkan frustrasi dan menyerah pada instrumen secara bersamaan. Apakah Anda menikmati musik rock–metal, modern, alternatif, dan lainnya? Maka kemungkinan gitar elektrik hollow-body adalah pilihan bijak. Jika demikian, Anda juga ingin membeli amp. Tapi bagaimana jika Anda menyukai musik rock yang menggunakan gitar akustik dan elektrik? Maka mungkin gitar semi-hollow body adalah pilihan terbaik. Atau mungkin Anda tidak menyukai rock dan malah menikmati musik country atau mellow. Gitar akustik atau akustik-listrik adalah pilihan terbaik Anda.

Jenis Musik Apa yang Ingin Anda Mainkan?

Mungkin Anda adalah penggemar berat musik rock, tetapi lebih suka belajar memainkan lagu-lagu berbasis akustik yang lembut. Tidak apa-apa, dan jika itu genre yang ingin Anda mainkan, Anda pasti ingin mengambil gitar Akustik atau Akustik-Elektrik. Mungkin juga Anda penggemar berat akustik-pop tetapi ingin mulai bermain rock & roll. Bantulah diri Anda sendiri dan ambil gitar berbadan semi-berongga atau berongga.

Level  Permainan  Seperti Apa yang Ingin Anda Capai?

Apakah Anda hanya menggunakan gitar untuk tujuan rekreasi dan tidak ingin membentuk band atau menguasai instrumen? Gitar listrik mungkin merupakan pilihan yang baik. Ini karena gitar elektrik jauh lebih mudah dimainkan daripada gitar akustik. Listrik memiliki senar yang lebih tipis (yang lebih mudah untuk mulai dimainkan) dan, saat dicolokkan ke amp, memungkinkan ruang untuk kesalahan. Kesalahan pemula dapat dengan mudah ditutupi dengan gitar listrik. Namun, Anda tidak bisa berharap untuk membuat kesalahan dan menjadi profesional. Gitar akustik sama sekali tidak menutupi kesalahan Anda–jika ada, mereka menonjolkannya. Anda dipaksa memainkan lagu dengan benar dan menguasai teknik dengan cara yang benar. Kurva pembelajaran Akustik lebih curam, tetapi Anda akan menuai hasilnya jika Anda menguasainya. Transisi dari gitar Akustik ke Elektrik akan sangat mudah, sedangkan transisi dari gitar Elektrik ke Akustik akan sedikit lebih sulit. Memikirkan apa yang ingin Anda capai dengan gitar adalah faktor besar dalam keputusan Anda.

Nah, begitulah. Setelah Anda memikirkan secara mendalam tentang topik di atas, Anda harus bisa memutuskan jenis gitar yang akan Anda dapatkan.

MENGAPA HARUS GITAR AKUSTIK SEBELUM GITAR LISTRIK?

Jika Anda baru memulai, maka Anda harus belajar bermain gitar akustik terlebih dahulu bahkan sebelum Anda berpikir untuk pindah untuk bermain listrik (ini jika Anda berpikir untuk mempelajari gitar listrik dulu). Ada banyak alasan mengapa Anda harus melakukan hal ini. Berikut adalah beberapa alasannya.

Belajar gitar akustik sebelum gitar listrik #1. 1/4 inci lebih lebar daripada gitar listrik

Alasan pertama adalah karena leher gitar akustik sedikit lebih luas daripada gitar listrik. Secara khusus, seperempat inci lebih lebar dari leher gitar listrik. Keuntungan utama dari ini adalah membantu Anda untuk belajar fingering dan posisi jari akord lebih mudah. Anda memiliki semua ruang di dunia untuk menggerakkan jari Anda dan mudah memperbaiki kesalahan saat berlatih atau bermain jika hal itu terjadi.

Belajar gitar akustik sebelum gitar listrik #2. Pengetahuan yang baik tentang gitar akustik akan membantu untuk bermain gitar listrik dengan lebih baik

Jika Anda ingin bermain gitar listrik jauh lebih baik, maka akan menjadi pilihan bijak untuk memulai dengan gitar akustik terlebih dulu. Alasannya adalah karena jika Anda memiliki pengetahuan yang baik dan tahu bagaimana memainkan gitar akustik cukup baik, Anda akan merasa jauh lebih mudah untuk memainkan gitar listrik dan Anda akan memperbaikinya jauh lebih cepat. Namun belajar akustik terlebih dulu tidak secara otomatis menjamin Anda sukses dengan gitar listrik. Hal ini juga tergantung pada seberapa cepat Anda dapat belajar dan mengambil hal-hal lebih cepat.

Belajar gitar akustik sebelum gitar listrik #3. Gitar akustik jauh lebih mudah untuk dipelajari

Jika Anda memilih gitar akustik terlebih dulu, Anda akan menemukan bahwa jauh lebih mudah untuk belajar gitar akustik daripada gitar listrik. Ada banyak orang yang telah mengambil gitar listrik terlebih dulu dan ketika mereka kemudian mulai bermain akustik, mereka menemukan bahwa akustik itu lebih mudah untuk dipelajari daripada listrik. Alasannya adalah bukan karena mereka mempelajari listrik dulu tetapi karena secara alami akustik jauh lebih mudah untuk dipelajari dan menyempurnakan. Kebanyakan orang yang mulai dengan gitar listrik dan kemudian pindah ke gitar akustik akan mengatakan "Seandainya saja aku belajar bermain gitar akustik bahkan sebelum bertualang ke gitar listrik, ternyata jauh lebih mudah untuk dipelajari dan saya lebih suka itu. "

Post a Comment for "Mana Yang Harus dipilih Oleh Pemula, Gitar Akustik atau Gitar Elektrik?"